Gandeng Penyelenggara dan Pengawas Pilkada, Bhayangkari Siak Gelar Seminar


LUGAS | Siak – Dalam upaya menciptakan suasana kondusif menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada 27 November 2024, Polres Siak menggelar Seminar Pilkada Damai. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Endra Dharma Laksana (EDL) Polres Siak pada Rabu (16/10/2024) siang dan dihadiri oleh Wakapolres Siak, pejabat utama, Kapolsek jajaran, serta pengurus Bhayangkari Cabang dan Ranting se-jajaran Polres Siak.

Seminar dibuka oleh Ketua Bhayangkari Cabang Siak, Ny. Okto Asep, bersama Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi, S.I.K., M.S.I. Dalam sambutannya, Kapolres menekankan pentingnya menjaga keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas), serta netralitas selama proses Pilkada berlangsung. 

"Kami mengajak seluruh masyarakat, termasuk Bhayangkari yang memiliki hak pilih, untuk bersama-sama menjaga suasana Pilkada yang damai dan bebas dari pelanggaran," ujar Kapolres.

Seminar ini bertujuan memberikan pemahaman tentang pelaksanaan Pilkada yang damai, serta mengedukasi Bhayangkari mengenai hak dan kewajiban sebagai istri anggota Polri dan warga negara. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meminimalisir potensi pelanggaran yang dapat memicu konflik selama Pilkada.

Dalam seminar tersebut, hadir sebagai narasumber Ketua Bawaslu Kabupaten Siak, Zulfadli Nugraha TP, S.E., yang membahas perbedaan antara Pemilu dan Pilkada serta jenis-jenis pelanggaran pemilihan. Selain itu, Dailin Fajri Sormin dari KPU menyampaikan gambaran umum tahapan Pilkada, dan Kasat Reskrim Polres Siak, AKP Bayu Ramadhan Effendi, membahas pentingnya integritas dalam pemilihan yang jujur.

Dengan seminar ini, Bhayangkari diharapkan semakin siap dan berperan aktif dalam menyukseskan Pilkada serta berkolaborasi menjaga suasana yang aman, sejuk, dan damai. Kegiatan ini merupakan langkah nyata Polres Siak dan Bhayangkari dalam mendukung Pilkada yang berintegritas dan bermartabat.



Sumber Humas Polres Siak 

Tidak ada komentar