Ciptakan Pemerintahan yang Bersih, Kanwil Kemenkumham Riau Dukung Survei Integritas KPK


LUGAS | Pekanbaru – Dalam rangka mendukung upaya pemberantasan korupsi dan menciptakan pemerintahan yang bersih, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau berkomitmen penuh untuk mendukung pelaksanaan Survei Penilaian Integritas (SPI) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Komitmen ini disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Budi Argap Situngkir, dalam rapat virtual percepatan perluasan data responden pada Rabu (16/10/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Divisi Administrasi Johan Manurung dan Kepala Bagian Program dan Humas Ibnu Rizal. SPI bertujuan untuk memetakan dan mengukur tingkat integritas di setiap instansi pemerintah, guna mencegah terjadinya praktik korupsi. 

Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI, Ika Yusanti, menjelaskan bahwa survei ini merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi penerapan prinsip-prinsip integritas di setiap instansi pemerintah.

"Survei ini sangat penting untuk mengukur seberapa jauh kita telah menegakkan integritas dalam melaksanakan tugas. Data dari survei ini akan menjadi acuan KPK dalam merumuskan kebijakan pencegahan korupsi yang lebih tepat sasaran," ungkap Ika 

Ika Yusanti juga menekankan pentingnya partisipasi aktif dari seluruh pegawai Kemenkumham. Menurutnya, tingkat partisipasi yang tinggi akan memberikan data yang lebih representatif dan dapat diandalkan.

"Kami berharap seluruh pegawai dapat meluangkan waktu untuk mengisi survei ini, karena hasilnya akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik kita," tambah Ika.

Kakanwil Budi Argap menegaskan bahwa integritas merupakan fondasi utama dalam menciptakan kepercayaan publik.

"Integritas adalah kunci dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Dengan partisipasi aktif dalam SPI, kita menunjukkan komitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani," ujar Budi.

Melalui survei ini, Kemenkumham Riau berharap dapat mengidentifikasi area yang membutuhkan perbaikan dalam rangka meningkatkan kinerja serta memperkuat sistem pencegahan korupsi. Hasil SPI juga akan menjadi dasar bagi instansi untuk menyusun program pembinaan integritas yang lebih efektif di masa mendatang.

Kegiatan ini menunjukkan keseriusan Kemenkumham Riau dalam mendukung penuh agenda pemberantasan korupsi dan memastikan pelayanan publik yang transparan, akuntabel, dan berintegritas.



Sumber Humas Kemenkumham Riau 

Tidak ada komentar