Ciptakan Kamsebtibcarlantas, Satlantas Polres Siak Gelar Operasi Zebra Lancang Kuning 2024


LUGAS | Siak – Dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamsebtibcarlantas) menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pemilu 2024, Satlantas Polres Siak menggelar Operasi Zebra Lancang Kuning 2024. Operasi ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dimulai dari 14 Oktober hingga 27 Oktober 2024.

Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi, S.I.K, M.Si, melalui Kasat Lantas Polres Siak AKP Fandri, S.H, menyampaikan bahwa tujuan utama dari operasi ini adalah menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta mengurangi tingkat fatalitas kecelakaan. Selain itu, operasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat Kabupaten Siak dalam berlalu lintas.

“Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 merupakan upaya cipta kondisi untuk menghadapi momen penting nasional seperti pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Melalui sosialisasi, edukasi, dan himbauan langsung kepada masyarakat, kami berharap dapat menumbuhkan kesadaran lebih tinggi untuk tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama di jalan raya,” kata AKP Fandri.

Operasi ini menargetkan delapan jenis pelanggaran yang menjadi prioritas, yakni penggunaan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak memakai helm SNI atau sabuk pengaman, berkendara dengan kecepatan melebihi batas, pengaruh alkohol saat berkendara, melawan arus lalu lintas, serta kendaraan dengan muatan atau dimensi berlebih (overloading dan overdimensi).

“Dengan penegakan hukum yang tegas selama 14 hari ini, kami berharap dapat menciptakan suasana lalu lintas yang lebih aman dan tertib di Kabupaten Siak, sekaligus mencegah terjadinya kecelakaan yang merugikan masyarakat,” tambah Fandri.

Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 merupakan bagian dari strategi Polri dalam memastikan keamanan nasional, terutama menjelang peristiwa penting kenegaraan seperti pelantikan presiden, serta untuk meningkatkan kualitas keselamatan lalu lintas di jalan raya.



Sumber Humas Polres Siak 

Tidak ada komentar