RW 13 Pondok Surya Mandala Gelar Karnaval Kemerdekaan Meriahkan HUT ke-79 RI

LUGAS | Kota Bekasi - Rangkaian kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun dalam rangka memperingati hari
Kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya  pawai karnaval Kemerdekaan Pawai seni dan budaya.

Dalam sambutanya Lurah Jakamulya H. Bahrudin  menyebutkan Tema Peringatan HUT ke-79 kemerdekaan RI adalah “Nusantara Baru, Indonesia Maju” yang mencerminkan tekad bangsa Indonesia untuk membawa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke level yang lebih tinggi dalam berbagai aspek kehidupan. 

Selanjutnya dengan mengucap "Bismillah" Saya buka Pawai Karnaval dalam  Rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia. Demikian kata H. Bahrudin Lurah  Jakamulya saat membuka Pawai Karnaval di RW 13 Pondok Surya Mandala, Kelurahan Jakmulya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, minggu (1/9/2024).

Dengan mengambil tema "Kreasi Anak Bangsa Pesona Merah Putih"
Karnaval dilepas oleh  H. Bahrudin Lurah Jakamulya didampingi  ketua RW 13 Pondok Surya Mandala Dedy Rudyanto. Acara dimulai pukul 16.00 WIB dengan start Halaman Masjid Asy-Syakirin dan Finish di halaman Masjid At Taqwa Perumahan Pondok Surya Mandala. 

Dijelaskan Dedy Rudyanto ketua RW 13 Pondok Surya Mandala, bahwa kegiatan karnaval ini diikuti sekitar 500an peserta yang terdiri  dari 14 RT di Pondok Surya Mandala. 

“Harapannya kegiatan ini menjadi sarana silaturahmi dan  bisa menumbuhkan sifat kebangsaan dari seluruh warga masyarakat, mencintai tanah air, dan tahu hubungannya dengan wawasan kebangsaan, juga mendidik hubungannya dengan pemahaman dan pengamalan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945,” kata Dedy Rudyanto.

Menurut Dedy , Kegiatan karnaval dilakukan di Mandala dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI, acara ini juga sebagai ajang silaturahmi warga. 

"Melalui kegiatan semoga  terjalin kekompakan antar sesama warga, sehingga jalinan silaturahmi yang selama ini terjalin semakin meningkat," kata Dedy. 

Peserta Karnaval tidak hanya berbusana merah putih, beberapa orang mengenakan kostum unik, seperti kayaknya seorang pejabat pemerintah, pelajar, pejuang dan lainnya. Sorak sorai terdengar menggema memenuhi Perumahan Pondok Surya Mandala, disusil nyanyian lagu - lagu Nasional seperti 17 Agustus hingga Maju tak gentar.

Acara pawai karnaval dihadiri Kasi Ekbang kecamatan Bekasi Selatan Tri Wahyudi dan staf, Lurah Jakamulya H. Bahrudin, Sekretaris Kelurahan Arja Wijaya, Saugih kasi pemerintahan dan jajaran staf, ketua FKRW Kecamatan Bekasi Selatan Dedy Rudyanto, Bhabinkamtibmas Bripka Sudirman, Babinsa Serda Gultom,  para tokoh masyarakat dan semua unsur masyarakat di RW 13 Pondok Surya Mandala, yakni PKK, Posyandu, Pos bindu, UMKM dan Karang Taruna serta para tokoh.

Sementara itu, Achmad Firmansyah, ketua Panitia Pelaksana Gebyar Kemerdekaan RW  13 menjelaskan, kegiatan yang diikuti sekitar 1000an peserta dengan menampilkan kreasi bebas terutama pakaian dan budaya nusantara. 

"Konsepnya ini karnaval, pakaiannya bebas, boleh profesi atau apapun. Yang penting menarik dan unik," kata Achmad Firmansyah. 

Achmad Firmansyah, ketua Panitia Pelaksana Gebyar Kemerdekaan RW 13 Pondok Surya Mandala 

Pawai Karnaval bisa semeriah ini juga atas kerjasama  semua ketua RT dan jajaran pengurus, PKK, Posyandu maupun karang taruna dan seluruh warga Pondok Surya Mandala.  

“Tanpa adanya dukungan para ketua RT, para Ibu-ibu PKK, Posyandu, Karang taruna dan semua unsur, serta kraatifitas dan partisipasi seluruh masyarakat , tidak akan terwujud karnaval semeriah ini. Alhamdulillah ini bener-bner meriah dan sukses, terimkasih untuk semuanya," ucap Achmad. 

Pawai Karnaval berlangsung meriah, warga antusias mengikuti kegiatan tersebut, ditambah lagi dengan pembawa acaranya Fina dan Bayu yang terkenal mampu menghidupkan suasana, sehingga acara karnaval ini dapat sukses terlaksana. Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenangnya dalam puncak acara yang akan dilaksanakan di minggu berikutnya. (Agus W) 
















Tidak ada komentar