Perumahan Sigma RW 20 Jatimakmur Dikunjungi Tim Rechecking Lomba PKK Provinsi Jawa Barat


LUGAS | Kota Bekasi - bertempat di Balai Warga RW 20 Perumahan Sigma Kelurahan Jatimakmur, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Pj. Ketua TP PKK Kota Bekasi Yolla Kusuma Gani, staf  ahli Pemerintah Kota Bekasi Dr. Marisi, sambut kehadiran tim rechecking lomba unggulan 10 Program PKK Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kehadiran tim rechecking untuk melakukan penilaian terhadap 10 Program PKK PAAREDI dan GELARI PELANGI di RW 20 Perumahan Sigma, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat , Rabu (11/9/2024). 

PKK RW 20 Jatimakmur  masuk tahapan rechecking lomba unggulan 10 Program PKK Tingkat Provinsi Jawa Barat. Adapun pelaksanaan lomba tersebut merupakan upaya meningkatkan kualitas pepelayanan PKK Provinsi Jawa Barat.

Tim rechecking dari Provinsi Jawa Barat dan pendamping dari pejabat pemerintah Kota Bekasi yang hadir di di RW 20 perumahan Sigma Jatimakmur, disambut oleh  Penjabat Wali Kota Bekasi yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Dr. Marisi, S.Pd., MM.Pd. Dalam sambutannya, ia menekankan bahwa acara ini bukan sekadar formalitas, melainkan merupakan momen penting untuk mengevaluasi dan menguatkan pelaksanaan  10 program PKK.

Hadir dalam kegiatan ini, Pj.Ketua TP PKK Yolla Kusuma Gani, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Dr. Marisi, S. pd.,MM.Pd. para tim penilai dari Provinsi Jawa Barat Dr. Hj. Nani Muharomah, M.Pd dan jajaran, Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah dan Ketua TP PKK Kecamatan Pondokgede Licke Bieattant, para aparatur serta staf kecamatan, para Lurah se Kecamatan Pondokgede, ketua PKK Kelurahan Jatimakmur Vitriyanti, Sekretaris Kelurahan, para kasi kelurahan dan para staf, Bhabinkamtibmas, Babinsa, akademisi, unsur pemerintah di kecamatan Pondokgede seperti KUA, Puskesmas, Satpol PP, kader PKK, Posyandu Ketua LPM dan BKM, Pamor, Linmas, FKRW, Ketua RW/RT, Karang Taruna. 

Kegiatan dihadiri juga oleh para tokoh RW 20 Sigma, seperti, Haji Abdul Jalil, Khairul Tanjung,  Dwi Nurimanto Hadi, Mudjahid, Benny Krisnawardi, Sardju. Ny. Siti Zakiya Sofiya (ke tua KWT), Bidan Neneng Hasanah (ketua PKK) dan para tokoh maupun tamu undangan lainnya.

Ny. Vitriyanti Atmanto, SE. Ketua TP. PKK Kelurahan Jatimakmur dalam ekspose program dan kegiatanya menyampaikan, bahwa dengan hadirnya tim Rechecking di RW 20  unggulan 10 program PKK dari Pemerintahan Kota Bekasi adalah untuk memonitoring dan menilai program - program PKK  Jatimakmur, Kecamatan Pondokgede sebagai perwakilan Kota Bekasi. 

Dalam ekspose program Vitriyanti Atmanto juga memaparkan bahwa GELARI PELANGI merupakan Gerakan keluarga Indonesia yang bertujuan meningkatkan kualitas Pendidikan dan pengelolaan ekonomi yang mempunyai lingkup program kerja meliputi gerakan gemar membaca, meningkatkan kualitas Pendidikan dan keterampilan keluarga maupun penguatan ekonomi. GELARI PELANGI merupakan salah satu program TP.PKK sebagai strategi mengakselerasi perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan dan ekonomi keluarga secara terpadu. Adapun PAAREDI

Pola Asuh anak dan remaja di era digital
 ( PAAREDI) juga merupakan program unggulan yang meliputi enam strategi program dalam PAAREDI,antara lain, Keluarga Indonesia Sejahtera Harmonis (Kisah), Keluarga Indonesia Anti Trafficking (Kiat), Keluarga Indonesia Lindungi Anak terhadap Kekerasan seksual (Kilas), Keluarga Indonesia Sehat Anti Narkoba (Krisan), Pembinaan Kesadaran Bela  Negara (PKBN), keluarga Indonesia sadar administrasi Kependudukan (kisak). 

Dr. Hj. Nani Muharomah, M.Pd perwakilan dari tim juri menekankan bahwa gerakan PKK adalah mitra pemerintah yang bekerja dengan pendekatan kekeluargaan.

“PKK bukan hanya sebagai objek, tetapi juga subjek dalam pembangunan. Melalui pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, kami berharap dapat mewujudkan keluarga yang maju, bahagia, sehat, dan sejahtera,” harapnya. 

Sementara itu, dalam sambutanya, Pj. Ketua TP PKK Kota Bekasi Yolla Kusuma Gani menyampaikan,  pelaksanaan kegiatan ini adalah rutin dilakukan pertahunnya sebagaimana di tingkat Kota Bekasi maupun tingkat Provinsi Jawa Barat. Tentunya semua ketua PKK beserta kadernya sudah hapal  dalam menguasai apa yang menjadi penilaian dalam beberapa program-program yang baru atau yang di cetuskan.

"Penilaian dalam lomba kali ini tentunya hal ini tidaklah menjadi hambatan karena kegiatan yang dibantu oleh para kader yang handal dan tim penggerak PKK berkolaborasi dengan unsur terkait dalam mensukseskan kegiatan ini, " Kata Yolla. 

Melihat makalah dan video yang telah disampaikan tentunya berharap dengan hasil penilaian langsung ini akan lebih baik dari apa yang telah di buat dalam video. 

“Pengurus dan kader PKK harus berperan aktif dalam masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kesehatan masyarakat serta menjaga kelestarian dan keberhasilan lingkungan, "tandasnya.

Sementara itu, Atmanto Lurah Jatimakmur mengatakan, bahwa kehadiran tim rechecking dari Provinsi Jawa Barat ke wilayahnya  yang menjadi objek penilaian dirinya merasa bersyukur dan bangga. 

Kegiatan hari ini adalah kegiatan yang positif,  bahkan bisa nanti wilayah lain mencontoh kegiatan serupa seperti di sini, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, semua objek penilaian disiapkan dengan baik. Kami libatkan semua unsur yang ada.

"Jadi, target capaian realisasi dari TP PKK bisa lebih optimal, apalagi dalam kegiatan ini ditambah adanya bazar produk UMKM, produk warga sendiri, kita sudah berupaya  semaksimal, kita libatkan semua, tentunya sebagai lurah kami sangat berterimakasih kepada ketua RW, PKK, Posyandu, Karang taruna dan semua yang terlibat. Kita sudah berupaya memberikan yang terbaik," Jelas Atmanto.


Ia pun berharap kehadiran tim rechecking dari Provinsi Jawa Barat dapat memberikan semangat baru bagi Kota Bekasi. 

“Semoga kedatangan tim hari ini semakin memotivasi kita semua untuk terus meningkatkan gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga di semua jenjang. Mari kita bersama-sama wujudkan Kota Bekasi yang lebih maju lagi,” pesannya.

Dalam kegiatan kunjungan dan penilaian oleh tim rechecking Provinsi Jawa Barat, digelar bazar kuliner produksi UMKM. Tambah lengkap dan seru lagi dengan ditampilkannya atraksi alat pemadam kebakaran yang merupakan inovasi RW 20 Perumahan Sigma. (Agus W) 






















Tidak ada komentar