Ngopi Kamtibmas Polsek Bekasi Selatan di RW 13 Pondok Surya Mandala, Jalin Silaturahmi dan Serap Aspirasi



LUGAS | Kota Bekasi - Dalam rangka meningkatkan sinergitas dan membangun kepercayaan masyarakat, Polsek Bekasi Selatan menggelar kegiatan Ngopi Kamtibmas di Sekretariat RW 13 Pondok Surya Mandala, Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (04/09/2024).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakapolsek Bekasi Selatan AKP Parwoto, didampingi Kanit Binmas Iptu Sadino, Kanit Samapta AKP Noho Luhulima, Panit Lantas Iptu Julius Leuwol, Panit Reskrim Ipda Sugianto, Panit Intelkam Aiptu Joko Udin Susilo, Bhabinkamtibmas Bripka Sudirman.

Dari unsur TNI hadir Babinsa Jakamulya Serda Guntur Gultom. Tampak hadir juga jajaran Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sub Sektor Jakamulya,  Acara dihadiri Ketua RW 13 Kelurahan Jakamulya Dedy Rudyanto selaku tuan rumah dan jajaran, para Ketua RT dan jajaran, para tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan warga sekitar.

Dalam sambutannya, Wakapolsek Bekasi  Selatan AKP Parwoto menyampaikan bahwa Ngopi Kamtibmas merupakan salah satu program unggulan Polri untuk membangun kedekatan dan komunikasi antara Polri dengan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin menjalin silaturahmi dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas di lingkungannya,” ujar AKP Parwoto. 

Acara Ngopi Kamtibmas diisi dengan berbagai kegiatan, seperti dialog interaktif, tanya jawab, dan sosialisasi kamtibmas. Masyarakat antusias mengikuti kegiatan ini dan banyak yang menyampaikan pertanyaan dan keluhan terkait kamtibmas di lingkungannya yang dijawab langsung oleh Wakapolsek, Kanit Binmas dan Panit Reskrim. 

Ketua RW 13 Pondok Surya  Mandala  Kelurahan Jakamulya Dedy Rudyanto, mengapresiasi kegiatan Ngopi Kamtibmas ini. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami bisa langsung berdialog dengan Wakapolsek dan menyampaikan keluhan kami terkait kamtibmas," ujar Dedy Rudyanto. 

Menurut Dedy, Ngopi Kamtibmas ini tidak hanya sebagai ajang silaturahmi, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkuat sinergi dan komunikasi antara aparat keamanan, tokoh masyarakat, dan warga.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing khususnya di RW 13 Pondok Surya Mandala ini," Harap Dedy Rudyanto yang juga sebagai ketua FKRW Kecamatan Bekasi Selatan itu. 

Sementara itu, Kasipemtibum Kelurahan Jakamulya Saugih mewakili Lurah Jakamulya menyampaikan ketertiban membayar PBB. Bahwa Diskon PBB masih berlaku. 

Saugih juga menyampaikan terkait Pilkada, menurutnya  suksesnya Pilkada tidak terlepas dari pentingnya partisipasi masyarakat, karena sebagai wujud tanggungjawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Saya ingatkan pada 27 Nopember 2024 merupakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak se-Indonesia, kita di Kota Bekasi ada tiga calon. Untuk itu, mari datang ke tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing dan gunakan hak pilihnya sesuai hati nurani,”kata Saugih. 

Saugih juga mengajak dan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas  dalam tahapan pelaksanaan Pilkada 2024. Jangan sampai soal politik, kita jadi bermusuhan baik keluarga maupun tetangga. Politik itu ada kalah dan menang, jadi bijak lah menyikapinya,”terang Saugih.

Diakhir kegiatan Ngopi Kamtibnas Wakapolsek Bekasi Selatan AKP Parwoto menambahkan, bahwa Polri berkomitmen untuk selalu hadir di tengah masyarakat dan membantu menjaga kamtibmas. Wakapolsek juga menghimbau warga untuk tidak terlibat judi Online dan waspada juga penipuan online, termasuk maraknya tawuran maupun Narkoba. 

“Kami mohon dukungan dari masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas. Jika ada gangguan kamtibmas, jangan ragu untuk melapor kepada kami," ujar AKP Parwoto. 

Sebelum kegiatan Ngopi Kamtibmas berakhir, Wakapolsek juga menyampaikan kasus penipuan online, arisan online, jual beli online, kerjasama online menjadi perhatian khusus bagi aparat penegak hukum (APH). Dari banyaknya kasus yang terjadi, penipuan menempati urutan pertama, baik yang dilakukan secara langsung maupun secara online. 

Wakapolsek AKP Parwoto menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, karena modusnya sangat beragam. Oleh sebab itu, dia meminta jangan mudah percaya. Sebelum melakukan penelusuran terkait modus penipuan, misalnya investasi, pemenang hadiah dan lain sebagainya. Selain itu juga jangan mudah menshare berita yang belum 

“Cek ricek dan kroscek. Kalau memang meragukan, boleh bertanya kepada kepolisian terdekat jangan gampang main share," tegas Wakapolsek. 

Kegiatan Ngopi Kamtibmas Polsek Bekasi Selatan berjalan dengan lancar dan mendapat  respon positif dari masyarakat. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas dan membangun kepercayaan  masyarakat  terhadap Polri. (Agus W)

























Tidak ada komentar