Menuju Masyarakat Sehat, Senam Ling Tien Kung Rutin Setiap Jumat di Kelurahan Jaticempaka


LUGAS | Kota Bekasi - Senam Ling Tien Kung (LTK) kini terus diminati warga Jaticempaka Pondokgede, Buktinya pesertanya meningkat setiap minggunya, seperti senam Ling Tien Kung yang terlihat di Halaman Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (27/9/2024).

Sekitar lima puluhan peserta terdiri dari anggota Ling Tien Kung (LTK) yang terlebih dahulu gabung maupun aparatur Kelurahan Jaticempaka tampak antusias. Lima puluhan peserta mulai pukul 06.30 WIB telah berkumpul dan melakukan pemanasan selanjutnya melakukan senam Ling Tien Kung (LTK). 

Ketua Sasana Ling Tien Kung (LTK) Sasana Kelurahan Jaticempaka Hanani mengatakan, sasana Ling Tien Kung (LTK) Kelurahan Jaticempaka merupakan suasana ke 12 yang penggunaanya  dibuka oleh Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah. 

"Sasana ini terbentuk karena semakin bertambahnya anggota yang bergabung, manfaatnya yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit inilah yang membuat anggotanya terus bertambah," ungkap Hanani, Ketua Ling Tien Kung (LTK) Sasana Kelurahan Jaticempaka. 

Sebagai Ketua, Hanani berharap tahun ini setidaknya pesertanya meningkat dan kualitas kesehatan warga bertambah. 

"Senam Ling Tien Kung  sendiri sekilas memiliki gerakan yang sederhana, namun peserta bisa berkeringat karena yang sasar adalah pusat sistem hormon (hipotalamus) yang mengelola seluruh sistem peredaran darah, sehingga keseimbangan tubuh menjadi baik. Seimbangan hormon inilah yang membuat pesenam akan terbebas dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan darah seperti Diabetes, Darah Tinggi, Asam Urat, Stroke, Leukimia, Ambeien, dan lainnya,"
Papar Hanani ketua yang sekaligus sebagai Instruktur Sasana  Antilope Maju. 

Hanani juga menuturkan senam terapi ini terbuka untuk umum, ditujukan untuk semua kalangan dan siapa saja yang ingin mencari sehat. Kegiatan ini juga tidak dipungut biaya apapun alias gratis. 
"Kedepan senam Ling Tien Kung juga akan merambah ke tempat pendidikan salah satunya Universitas krisnadwipayana," tuturnya. 

Sementara itu, Uni Warsiah Ketua Sasana Antilope Maju menjelaskan bahwa 
Senam Ling Tien Kung merupakan salah satu gerakan terapi olah tubuh, dilakukan dengan tempo pelan tetapi mampu membangkitkan energi untuk mengaktifkan kembali organ-organ tubuh dan penyempurnaan untuk menjadikan tubuh lebih segar, sehat dan kuat. 

" Oleh karena manfaat yang luar biasa dan tanpa biaya, masyarakat sangat antusias mengikuti senam Ling Tien Kung. Selain kesehatan tentunya ini juga menjadi forum silaturahmi anggota Senam Ling Tien Kung. Kami juga memiliki program testimoni orang-orang yang ikut senam Ling Tien Kung dan mengalami kesembuhan, salah satunya yang awalnya ada benjolan setelah mengikuti senam Ling Tien Kung beberapa kali akhirnya sembuh dan benjolannya hilang. Selain itu tentunya kami juga berterimakasih kepada pak Lurah yang telah memfasilitasi tempat untuk kegiatan senam ini, tentunya harapan kami pemerintah tetap memberikan perhatian dan dukungan terhadap kegiatan senam Ling Tien kung ini," harap Uni Warsiah. 

Budi Tjahyono Instruktur Sasana Antilope Maju menambahkan, Lien Tien Kung, atau yang juga bisa dikenal senam Empet-Empet Anus adalah merupakan gerak terapi yang memusatkan latihan pada gerakan anus yang diyakini sebagai pusatnya kesehatan manusia. Menurutnya senam ini memiliki gerakan bukan seperti olahraga seperti biasanya, Gerakan-gerakan dalam Lien Tien Kung memiliki fungsi yang bermacam-macam. Gerakannya terlihat mudah misalnya, berjongkok sambil berjinjit dan empet-empet anus, merentangkan tangan ke samping, atau menekuk satu kaki dalam posisi berdiri.

"Senam Lien Tien Kung berfungsi membangkitkan energi untuk mengaktifkan kembali organ-organ yang ada di tubuh. Makanya banyak orang dengan berbagai penyakit tubuhnya bisa bugar kembali," Urainya. 

Senam Ling Tien Kung di Sasana Kelurahan Jaticempaka diikuti oleh anggota senam Ling Tien Kung yang sudah bergabung sejak awal, aparatur Kelurahan Jaticempaka, PKK, Posyandu dan Karang Taruna. Sasana Kelurahan Jaticempaka sendiri  diresmikan oleh Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah, jumat 20 September 2024.

Di lokasi yang sama, Lurah Jaticempaka Amir  memberikan Apreasiasi dan sangat mendukung kegiatan senam Ling Tien Kung (LTK). 

" Senam ini sangat bermanfaat bagi warga, tidak terbatas hanya diusia lansia tapi bisa dilaksanakan bagi warga yang butuh untuk terapi kesehatan. Senam Ling Tien Kung sendiri sekilas memiliki gerakan yang sederhana, namun peserta bisa berkeringat karena yang sasar adalah pusat sistem hormon (hipotalamus) yang mengelola seluruh sistem peredaran darah, sehingga keseimbangan tubuh menjadi baik. kami memfasilitasi kegiatan Senam ini, karena merupakan Wujud kepedulian kami terhadap kesehatan. Sebelumnya Bapak Camat juga mengapresiasi pelaksanaan senam Ling Tien Kung yang selama ini dapat berkembang dengan baik." Pungkas Amir Lurah yang gemar dan perhatian terhadap masalah kesehatan warga. (Agus W) 












Tidak ada komentar