Kolaborasi dengan DKM, LPM dan RW, DMI Kayuringin Jaya Gelar Santunan Anak Yatim di Masjid Al Muhajirin Ciremai Raya

LUGAS | Kota Bekasi - Anak yatim masuk dalam golongan orang-orang yang wajib dimuliakan. Banyak dalil dalam Al-Qur'an dan hadits yang menegaskan anjuran untuk memuliakan anak yatim dan ganjaran keutamaannya. Dalam ajaran agama Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menyayangi dan menyantuni anak yatim.

Memberikan santunan anak yatim merupakan tindakan yang mulia dan mendatangkan berbagai pahala. Seperti halnya Dewan Masjid Indonesia (DMI) Ranting Kayuringin Jaya yang berkolaborasi dengan DKM maupun RW  yang kembali menyantuni 211 anak yatim bertempat di Masjid Jami' Al Muhajirin Ceremai Raya , Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat Sabtu (20/7/2024). 

Kegiatan santunan anak yatim rutin tiap bulan diikuti 15 DKM dari 17 RW. Acara diisi dengan sejumlah kegiatan diantaranya pembacaan ayat suci Alquran, sambutan-sambutan, ceramah dan doa yang dibawakan oleh Ustazd H. Husein Usman, MC Ustadz Fachri Husaini dan santunan.

Anak-anak yatim yang diundang sebanyak 211 anak, semua anak yatim mendapatkan santunan dari donatur yang diserahkan langsung oleh Camat Bekasi Selatan, Lurah Kayuringin Jaya, Ketua DMI Kayu ringin Jaya, Ketua DKM, Ketua RW dan para tokoh yang hadir. 

Sejumlah tamu undangan hadir dari unsur aparat pemerintah, aparat keamanan Babinsa- Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama setempat.

Hadir dalam acara santunan Anak Yatim, Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya bersama Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar dan jajaran, dan Ketua Seksi Sosial RW 21 H Irfangi selaku penggagas dan kordinatir  kegiatan santunan Anak Yatim. 

Tampak hadir juga Ketua DMI Kayuringin Jaya, H. Arifin Harahap, Ketua FKRW H Yoyo Sutaryo, Ketua LPM Kayuringin Jaya H. Isdiyanto.

Selaku tuan rumah yakni Ketua DKM Masjid Al Muhajirin H Abdullah dan Ketua RW 11 Yulianto, Ceramah agama dan doa bersama oleh Ustadz Husein Usman yang menyampaikan tentang memuliakan anak yatim dan keutamaan ilmu. 

Dalam sambutannya H. Abdullah Ketua DKM Masjid Al Muhajirin menyampaikan  bahwa kegiatan sosial ini sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Ia berharap agar kegiatan rutin santunan dan kegiatan positif lainnya untuk terus berkelanjutan.

“Apa yang dilakukan teman-teman dari DMI, para DKM dan semua yang terlibat dalam kegiatan santunan ini patut diapresiasi. Ini sangat luar biasa sudah berjalan enam tahun tanpa putus rutin setiap bulannya. Ini perlu dipertahankan bahkan bisa dikembangkan, sehingga bisa menjadi contoh bagi yang lain, apalagi kegiatan rutin seperti ini baru ada di Kayuringin,” kata H. Abdullah. 

Ditempat yang sama H. Irfangi Menyampaikan," Semoga dengan bantuan ini dapat sedikit membantu anak yatim dan semoga pahala yang betlipat ganda kepada hamba hamba Allah yang sudah sodakoh dan berinfaq." Kata H. Irfangi, penggagas sekaligus Kordinator Santunan Anak Yatim.

Sementara itu, secara khusus, Camat Bekasi Selatan, Karya Sukmajaya melalui Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar menyampaikan apresiasi kepada DMI, DKM dan RW yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan rutin santunan Anak Yatim. 

"Terimakasih kami sampaikan kepada DMI Kayuringun Jaya yang telah berjolaborasi dengan  DKM maupun RW dalam menyelenggarakan kegiatan santunan Anak Yatim ini," katanya.

Hafiz Hafidzah Alquran, Kirana, Nafisa dan Hamizan

Dia berharap kegiatan santunan bisa meluas ke seluruh DKM Masjid di Bekasi Selatan.

Dia juga mendoakan kepada seluruh pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut diberikan kesehatan dan kemudahan dalam urusannya.

Sementara itu, Ketua DMI Kayuringin Jaya H. Arifin Harahap menyampaikan terimakasih kepada pihak DKM Al Muhajirin yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan hari itu.

"Terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tuan rumah masjid Al Muhajirin," ucapnya.

Secara khusus Dia menyampaikan rasa penghargaan terhadap keterlibatan ibu-ibu majelis ta'lim dari Masjid Al-Muhajirin dan Istiqomah. 

"Ibu-ibunya sangat berpartisipasi, ini menjadikan percontohan juga untuk DKM-DKM lainnya.Selain itu saya sampaikan kembali, bahwa Kepedulian kepada anak yatim merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim, dana yang ada untuk sedekah dan disalurkan, selain itu kegiatan ini juga merupakan momentum yang sangat baik untuk ulama dan umaro menjalin hubungan persatuan dan kebersamaan," pungkasnya.

Suskses kegiatan DMI dalam kegiatan santunan tidak lepas dari partisipasi dan bantuan dari DKM Al Muhajirin yang diketuai H. Abdullah, Ibu-ibu Majelis Ta'lim Al Muhajirin Ciremai Raya yang diketuai Hj Erni Aswandi dan Ketua RW Yulianto, Nenden Itje Aisah dan jajaran. (Agus W) 






























Tidak ada komentar