Kobar dan Pelayanan Publik One Day Service In Saturday di RW 05 Jakamulya Bekasi Selatan


LUGAS | Kota Bekasi - Bertempat di Sekretariat RW 05 Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, menggelar Pelayanan secara One Day Service Tahun 2024. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan kepada warga dalam berbagai layanan yang meliputi, Perekaman KTP of dan Pencetakan KTP  Baru, Penerbitan Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (ΚΙΑ), Surat Keterangan Datang Warga Negara Indonesia (SKDWNI), Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI), Registrasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Pembagaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Print Out tunggakan Pajak Kumi dan Bangunan (P58), Pengecekan Data Terpadu Kosejahteraan Sosial (DTKS).

Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya, S.AP., M.Si. yang memantau langsung pelaksanaan One Day Service On Saturday di RW 05 Jakamulya. Camat menyampaikan, bahwa kegiatan pelayanan ini bergantian di 94 RW yang ada di Jakamulya dan semua RW yang tersebar di Kecamatan Bekasi Selatan. Kegiatannya juga merupakan lanjutan dari kongkow bareng tahun 2023, one Day Service merupakan bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan sudah di putaran ke tujuh. 

"Kenapa kita pilih hari Sabtu, karena mayoritas warga libur kerja jadi dapat meluangkan waktu untuk mengurus keperluan administrasi baik kependudukan atau pelayanan lain yang kita sediakan di sini," Kata Camat, sabtu 27 Juli 2024.

Camat yang dikenal Ramah dan dekat dengan warga itu melanjutkan, ia menyadari betul bagaimana mereka bekerja untuk melayani masyarakat sehingga rasanya tepat bila layanan tersebut dapat diupayakan agar semakin didekatkan kepada warga.

Di tempat yang sama, Lurah Jakamulya H. Bahrudin, S.H., M.Si., menjelaskan bahwa One Day Service In Saturday  merupakan Kegiatan Kongkow Bareng bersama masyarakat, sekaligus bersilaturahmi dengan  berbagai pelayanan yang dilakukan dalam satu tempat, dimana ini merupakan sebuah inovasi pelayanan dari Kecamatan Bekasi Selatan yang bertempat di Sekretariat RW 05 Kelurahan Jakamulya. 

"Kegiatan ini sangat baik, Kolaborasi antar instansi untuk pelayanan kepada warga, Semoga program ini bermanfaat dan diikuti kecamatan lain, sehingga masyarakat tahu kegiatan apa saja yang dilakukan kecamatan,” katanya.

Sebagai Tuan Rumah Kegiatan One Day Service In Saturday, Ketua RW 05 Darmanto menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah warga dalam mengurus administrasi kependudukan.

"Kegiatan ini terlaksana dikarenakan usaha yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengadvokasi dan mengajak setiap warga untuk tidak malas mengurus administrasi kependudukan karena akses mengurus sudah lebih dekat dengan wilayah tempat tinggal, sehingga dengan bantuan/fasilitasi yang disediakan semua lebih mudah. Alhamdulillah kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik," pungkas Darmanto. (Agus W) 












Tidak ada komentar