Beringin yang Tumbang di Kantor Kelurahan Kayuringin Jaya Ditanam kembali


LUGAS | Kota Bekasi - Pohon beringin besar yang berakar kuat di Kantor Kelurahan Kayuringin Jaya tumbang gara-gara hujan deras dan angin kencang disertai usia yang sudah Uzur. Tumbangnya Pohon Beringin yang dijadikan Ikon Kelurahan Kayuringin Jaya itu pun  ditanam kembali dengan pohon yang baru, selasa (16/7) 2024).

Menurut Ricky Suhendar Lurah Kayuringin Jaya, menyampaikan bahwa penanaman pohon beringin merupakan upaya konkrit dan strategis dalam mengatasi triple planetary crisis yaitu, perubahan iklim, polusi dan ancaman kehilangan keanekaragaman hayati. Tapi selain itu sebagai ikon Kelurahan Kayuringi  Jaya.

"Penanaman pohon bukan sekadar solusi untuk mengatasi perubahan iklim dan polusi udara, tetapi juga sebuah komitmen nyata untuk menjaga keberlanjutan alam, dan perlu diketahui juga dulunya sebelum ada kelurahan pun disini banyak pohon beringin sehingga terkesan rimbun dan hijau. Manusia memiliki tanggung jawab besar sebagai pelindung dan pengemban keseimbangan ekosistem, oleh karena itu hari ini kami lakukan penanaman kembali Pohon Beringin," ujar Ricky Suhendar. 

Tampak hadir dalam penananam Pohon Beringin, Lurah Kayuringin Jaya, Ricky Suhendar dan staf, Ketua FKRW H. Yoyo Sutaryo, Ketua MUB H.Chaeruddin, Ketua LPM H. Isdiyanto, Ketua BKM Teguh, Ketua RW, Ketua RT dan para tokoh masyarakat. 

Sementara itu menurut Ketua Majelis Umat Beragama (MUB) H. Chairuddin,  Pohon, sebagai anugerah alam, tidak hanya menyediakan oksigen bagi manusia tetapi juga berperan sebagai penyerap karbon, memberikan tempat tinggal bagi berbagai makhluk hidup, menjaga keseimbangan air, mengatur suhu udara, meredam kebisingan, dan mengurangi dampak buruk angin. 

" Gerakan penanaman pohon menunjukkan urgensi pohon sebagai sentral bagi kehidupan di bumi. Pohon memiliki andil dalam pertumbuhan manusia dan seluruh mahluk hidup," pungkas H. Chaeruddin. (Agus W)





.. 






Tidak ada komentar