Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas, Polres Siak dan Pengelola Tol Permai Gelar Rakor


LUGAS | Siak – Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres) Siak mengadakan rapat koordinasi dengan pengelola Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) di Aula Tribrata Polres Siak. Rapat ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah antisipasi dan pencegahan kecelakaan lalu lintas di ruas tol tersebut, terutama di wilayah hukum Polres Siak.

Rapat dipimpin oleh Kasat Lantas Polres Siak, AKP Fandri, S.H., dan dihadiri oleh perwakilan pengelola tol, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan, beberapa Kanit Lantas Polsek jajaran, dan personel Satlantas Polres Siak. Dalam sambutannya, AKP Fandri menekankan pentingnya rapat ini mengingat sering terjadinya kecelakaan lalu lintas dengan tingkat fatalitas yang tinggi di jalan tol Permai.

"Rapat koordinasi ini membahas beberapa penyebab terjadinya kecelakaan di jalan tol dan langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasinya," jelas AKP Fandri.

Kasat Lantas Polres Siak juga menyampaikan beberapa masukan penting kepada pengelola tol untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Beberapa saran tersebut meliputi peningkatan patroli bersama di jalan tol, penindakan terhadap kendaraan yang berhenti di luar rest area tanpa alasan jelas, serta perbaikan jalan yang bergelombang.

"Pihak pengelola tol akan berkoordinasi dengan pusat untuk menambah beberapa sarana prasarana, termasuk penambahan rambu dan CCTV," lanjut AKP Fandri.

Ia juga menyarankan diadakannya Forum Group Discussion (FGD) dengan mengundang perwakilan Satlantas dari Pekanbaru, Bengkalis, dan Dumai, yang juga memiliki ruas tol di wilayah hukum mereka.

Di akhir rapat, AKP Fandri mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan tol, terutama pengemudi kendaraan besar, untuk selalu memprioritaskan keselamatan. Ia menekankan pentingnya mematuhi rambu-rambu dan aturan berkendara di jalan tol.

"Kecelakaan sering terjadi karena kelalaian pengendara. Kami menghimbau agar masyarakat yang berkendara di jalan tol mematuhi rambu-rambu dan aturan yang berlaku. Jadilah pelopor keselamatan di jalan raya, budayakan keselamatan sebagai kebutuhan," tutup AKP Fandri.

Dengan rapat koordinasi ini, diharapkan dapat tercipta langkah konkret dalam meningkatkan keselamatan di jalan tol Permai, sekaligus menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah tersebut.





Sumber Satlantas Polres Siak 

Tidak ada komentar