Kongres XVI KNPI Akhirnya Pilih Ryano Sebagai Ketum 2022 - 2025

Tampak dari kiri: Arif Nurokhim Sekjen Senkom Mitra Polri, Ryano Ketum KNPI, Muhamad Sirot Ketum GEMA TRIKORA dan Arif Hidayat Kadep PORA Senkom Mitra Polri

LUGAS
 | Jakarta - Ryano yang memiliki nama lengkap Muhammad Ryano Satrya Panjaitan terpilih secara aklamasi sebagai Ketum KNPI periode 2022 - 2025 dalam Kongres XVI KNPI pada hari Minggu (10/4/2022) di Hotel Sultan Jakarta.

Kongres Pemuda kali ini mengambil tema 'Pemuda Satu Untuk Indonesia Maju' merupakan gabungan 3(tiga) kubu Ketua Umum DPP KNPI yang pecah dan melebur dalam Satu Kongres-Satu KNPI dengan misi dan semangat mempersatukan pemuda Indonesia. 

Kongres XVI KNPI ini berlangsung sejak tanggal 8-10 April 2022 melalui tahapan-tahapan rapat Kongres yang berlangsung secara demokratis dan konstitusional, dimana setiap keputusan melalui mekanisme ketetapan-ketetapan Kongres yang telah disepakati bersama seluruh peserta Kongres. 

Peserta Kongres XVI KNPI terdiri dari Organisasi Kepemudaan (OKP), utusan DPD KNPI Provinsi dan DPP KNPI 3 kubu serta Majelis Pemuda Indonesia (MPI) selaku forum konsultasi dan pengawas kinerja Dewan Pengurus KNPI
.  

Sebelum ditetapkan secara aklamasi ada 4 (empat) calon Calon Ketua Umum (Caketum) yang maju pada kongres tersebut, mereka yaitu Ryano, Devanda Aditya Putra, Lisman Hasibuan dan Aliah Sayuti sebagai satu-satunya Caketum dari kalangan Perempuan. 

Ryano mengucapkan terima kasih kepada tiga mantan Ketua Umum DPP KNPI yakni Cupli Risman, Dian Assafri, dan Noer Fajrieansyah yang dapat menyatukan pemuda dengan menyelenggarakan Kongres XIV KNPI penuh kebersamaan dan rasa persatuan sebagai berkah bulan Ramadhan. 

"Kongres digelar untuk memilih kepengurusan KNPI Bersatu sebagai wadah berhimpunnya organisasi kepemudaan sudah saatnya kembali menempati rumah bersama demi persatuan pemuda Indonesia semakin kuat. Mari kita bergandengan tangan agar pemuda Indonesia menjadi kuat," ujar Ryano di lokasi kongres, Minggu dini hari (10/4/2022).
 

Dia juga berterima kasih kepada seluruh anggota DPP KNPI, SC, OC, DPD KNPI, dan para pimpinan OKP serta para senior MPI yang hadir dan dapat mengikuti Kongres KNPI sehingga berjalan dengan baik dan tertib. Ryano berjanji akan menjalankan kepemimpinannya dengan baik. 
   

Tampak Ketua Pimpinan Sidang KNPI XVI Siraj (kiri) menyerahkan Pataka KNPI kepada Ryano Ketum Terpilih (kanan).

"Saya akan tetap amanah dalam menjalankan tugas dan fungsi agar KNPI semakin solid dan pemuda KNPI akan terus berjuang, bergerak, berkontribusi untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini. Pemuda adalah tulang punggung, penyambung lidah,dan juga sebagai penerus dan semangat generasi bangsa,” jelas Ryano. 

Ryano berharap KNPI ke depan akan tetap solid, gotong royong, expresif, dan inovasi dalam membangun pemuda yang tangguh.  

"Terpenting baginya KNPI bisa bersatu, maju, dan sejahtera," tegas Ryano saat diminta menyampaikan pernyataaannya di hadapan seluruh peserta Kongres XVI KNPI


Di akhir pidatonya, Ryano kembali menyinggung soal visi activistpreneur yang digaungkan olehnya pada masa pencalonan.  

"Ini merupakan ide mendorong aktivis muda yang memiliki kemandirian ekonomi dan tidak sekadar mengejar politik kekuasaan dan jabatan yang berujung pada pragmatisme atau politik transaksional,” tandasnya.  

Diantara ratusan peserta Kongres yang hadir, terlihat Muhamad Yusuf Khoirudin Sekjen GEMA TRIKORA, Arif Nurokhim Sekjen Senkom Mitra Polri, Bambang Rony Anggota MPI KNPI, Munif Sulaiman Waketum Dai Muda Indonesia, Wawan Ketum Pemuda Lembaga Darul Islam Indonesia, Yayan Ketum Mahasiswa Lembaga Darul Islam Indonesia, Marwanto DPN LAPMAS, Irfan DPP FORTNAS, Diah B. Sekjen PBB, Bung Ima GMNI dan jajaran Pengurus Pusat OKP lainnya yang sepakat mendukung penuh kepemimpinan Rayno selaku Ketum KNPI periode 2022-2025.  

Harapan Yusuf selaku Sekjen GEMA TRIKORA agar Ketum terpilih Rayno dapat menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai Ketum KNPI periode 2022-2025 secara baik untuk terus mempersatukan, memberdayakan dan menguatkan pemuda dalam satu wadah KNPI yang didukung seluruh OKP dan jajaran pengurus yang akan duduk dalam Kepengurusan periode kepemimpinannya. 

Tampak Ryano (tengah) bersama Yusuf Sekjen GEMA TRIKORA (kanan) 
saat deklarasi Kandidat Caketum di Hotel Alia Kwitang, Jakarta (7/4/2022).

"Kami berharap saudara Ryano yang terplilih secara bulat dalam Kongres XVI KNPI ini bisa menjalankan tugas dan kewajibannya bersama-sama seluruh OKP dan jajaran pengurus yang akan duduk dalam kepengurusan periode kepimpinannya secara baik," ungkap Yusuf Sekjen GEMA TRIKORA.  

Lanjut Yusuf, selain itu agar visi dan misi Ketum terpilih terwujud sebagaimana disampaikan Ryano pada saat deklarasi pencalonan kandidat Ketum KNPI pada hari Kamis (7/4/2022) di Hotel Alia Kwitang, Jakarta. 
(TJ)



Reporter : Tri Joko
Editor     : Tim Redaktur Lugasnews



Tidak ada komentar