Pulihkan Ekonomi Masyarakat, Kampung Buana Bhakti Siak Gelar Musyawarah


 


LUGAS | Siak - Tahun telah berganti, akan tetapi pandemi belum juga berakhir. Untuk mengatasi hal tersebut maka pemerintah mengambil kebijakan bahwa setiap Kampung atau Desa harus menyiapkan anggaran Dana Kampung untuk pemulihan ekonomi masyarakat, pemberian Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) dan penanganan Pandemi Covid-19.  


Maka dari itu, Pemerintah Kampung Buana Bhakti melaksanakan kegiatan Musyawarah Kampung Khusus dalam rangka Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahun Anggaran 2022. Hadir dalam musyawarah Penghulu Kampung, Ketua Bapekam beserta anggota, Bhabinkamtibmas, Kadus, Ketua RT, dan Ketua RW pada Senin (14/3/2022).


Penghulu Kampung Buana Bhakti Rio Saputra dalam sambutannya menjelaskan maksud dan tujuan musyawarah yang digelar.


"Ini untuk mensinkronkan warga yang berhak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan warga yang berhak mendapatkan bantuan langsung tunai, oleh karena itu mohon kerjasama nya RT, RW dan Kadus untuk melaporkan warga yang berhak mendapatkan bantuan tersebut," kata Rio.


Ia juga berpesan untuk turut serta mengawal segala bentuk Bantuan Sosial yang diberikan kepada masyarakat.


"Tugas kita adalah mengawal calon penerima bantuan secara tepat. Akan tetapi bantuan sosial selalu menjadi isu yang sensitif bagi siapapun. Dan kadang masyarakat sering memberikan tanggapan dan kritik mengenai hal tersebut tanpa memahami bahwa proses ini ada aturannya," jelas Rio.


"Kami menghimbau kepada seluruh warga khususnya warga Kampung Buana Bhakti untuk bersama-sama memahami dasar hukum dan aturan-aturan yang berlaku pada setiap kegiatan dan keputusan pemerintah sebelum mengkritik atau memberi tanggapan yang salah. Karena memang kesalahpahaman terjadi jika kita tidak memahami alur dan aturan dari program-program pemerintah," ujar Rio.


Hal senada juga disampaikan Ketua Bapekam Buana Bhakti Ali Maksum ketika dijumpai media.


"Agenda musyawarah Kampung ini untuk mensinkronkan data DTKS yang turun dari pusat, dan menjaring warga yang berhak mendapatkan bantuan, nantinya kita usulkan," tutup Ali.






Reporter: Abdul Rozaq

Editor: Taufik Zackariya 

Tidak ada komentar